Perbedaan Kopi Arabika VS Robusta

Arabika VS RobustaAda lebih dari 100 spesies kopi, namun dua yang utama yang banyak diproduksi dan dijual adalah: Coffea Arabica dan robusta (juga dikenal sebagai Coffea robusta).

8 PERBEDAANNYA

Berikut merupakan perbedaan antara kedua spesies kopi tersebut:

1. Yang paling umum dikenal: Taste / Rasa. Rasa kopi robusta lebih cenderung pahit.

2. Kopi Robusta memiliki lebih banyak kafein dibandingkan dengan Arabika. Yang mungkin terdengar seperti hal yang positif tetapi kafein membawa rasa pahit yang membuatnya menjadi minuman menyenangkan. Bahkan Robusta bean memiliki 2,7% kandungan kafein, hampir dua kali lipat dari 1,5% nya Arabica.

3. Kandungan Lemak & Gula : Seperti disebutkan di sini, Arabica mengandung hampir 60% lemak lebih banyak dan hampir dua kali konsentrasi gula dari Robusta.

4. Dari perspektif harga, green bean Robusta memiliki sekitar setengah harga dari green bean Arabika di pasar komoditas.

5. Robusta cenderung lebih mudah ditanam, memiliki hasil yang lebih banyak dan tidak terlalu sensitif terhadap serangga – kafein ekstra adalah pertahanan kimia untuk benih kopi seiring kuantitasnya dalam biji robusta adalah racun bagi serangga.

6. Bentuk : biji kopi Robusta jauh lebih melingkar, sedangkan arabika lebih oval.

7. Tinggi Tanaman : Arabica biasanya tumbuh antara 2,5 – 4,5 meter dibandingkan dengan 4,5 – ketinggian 6 meter dari Robusta.

8. Budidaya: Sekitar 75% dari produksi kopi dunia adalah Arabika, sekitar 25% adalah Robusta. Brasil adalah produsen Arabika yang paling signifikan dan Vietnam menghasilkan paling banyak Robusta.

Begitulah perbedaan jeni kopi arabika dan robusta. Untuk orang Indonesia cenderung lebih suka kopi Robusta.

Order kopi disini >> Beli